Kandang BOX

Kandang BOX : Digunakan untuk tempat DOC (Day Old Chicken) yang baru menetas. Kandang Box juga dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan dan peawatan awal masa hidup dari anak ayam yang baru menetas. Dengan pengontrolan terhadap pakan, minum dan suhu lingkungannya.

Management Kandang BOX

 

DOC hasil penetasan kami sendiri, kami masukan ke kandang box. Kandang box ini terbuat dari kayu, triplek, kawat ram dan kawat besi. Kandang box ini kami buat seperti panggung sehingga tidak menempel dengan tanah dengan maksud agar tikus atau semut tidak naik ke kandang. Pada kaki kandang kami tempatkan tabung bekas air mineral yang kami isi dengan minyak tanah. Tujuan pemberian minyak tanah ini untuk mencegah rayap merusak kayu penopang yang ada.

Sisi bagian depan kandang, kami buat dengan kawat besi yang dapat dibuka ke arah atas. Samping kanan, kiri dan belakang, kami buat dengan kawat ram dan sebagai alasnya kami gunakan triplek. Triplek ini juga yang kami gunakan sebagai alas pada tingkat berikutnya.

 

Kandang pembesaran ini kami buat bertingkat 3 dan masing-masing tingkat kami bagi menjadi 2 ruangan. Ukuran perruangan adalah sebagai berikut panjang 120 cm, lebar 85 cm dan tinggi 55 cm. Masing-masing ruangan dapat memuat ± 50 ekor DOC hingga berumur 3 minggu. 

Sebelum dipakai, kandang box dibersihkan, ditabur sekam ± 3 cm dan disemprot dengan desinfektan Desogerm mulai dari dinding, lantai dan atapnya. Setelah sekam kering, kandang box ini dialasi dengan koran sebanyak 2 lapis. Koran yang digunakan sebagai alas ini dibuang setiap 2 hari sekali. Pemanas pada kandang box dirancang dengan menggunakan lampu pijar 40 watt yang ditutupi sungkup yang terbuat dari seng berbentuk segi empat. Seng ini mempunyai fungsi yang sama dengan sungkup pemanas minyak tanah.

Lampu pijar 40 watt ini digunakan selama 1 minggu pertama agar DOC mendapatkan kehangatan yang cukup. Setelah memasuki minggu kedua, lampu diganti dengan lampu pijar 25 watt, sebab setelah memasuki minggu kedua, ayam-ayam tersebut sudah mulai tumbuh bulu dan mulai beradaptasi dengan lingkungan. Jika semuanya sudah teratur rapi, kandang box didiam dalam keadaan tertutup dengan terpal selama 2 hari.

Tidak ubahnya dengan terpal pada kandang pembesaran utama, terpal pada kandang box ini digunakan pula untuk menghindari dari terpaan angin dan udara dingin. Terpal yang akan digunakan sebagai penutup ruangan harus dicuci terlebih dahulu dan dikeringkan. Pencucian terpal ini sangat penting agar bibit penyakit yang mungkin ada pada DOC periode yang lalu dihilangkan.

Kandang box ini dilengkapi pula dengan 1 nampan pakan dan 1 tempat minum ukuran 1 lt. Untuk 2 hari pertama, DOC diberi makanan langsung tebar di atas koran namun tetap diberi nampan pakan karena mereka masih belajar untuk makan dan minum, setelah hari ketiga hingga umur 2 minggu pakan diletakan di dalam nampan pakan. Setelah itu pakan diletakan di tempat pakan gantung hingga usia 3 minggu.

 

Written By : Sauvani Juwita, dr.  : Year :2010.

 

Comments   

+1 #1 David 2014-03-24 21:16
Terima kasih untuk penjelasannya yang memberikan pelajaran dan pengetahuan yang berguna untuk saya jadikan acuan dalam berternak ayam kampung.

Terus berkarya, Glorybators
Quote