Masa Grower : 8-18 Minggu

Masa Grower :  Adalah masa setelah stater dan sebelum layer, yaitu dalam periode 8 - 18 Minggu atau lebih dikenal dengan masa pembesaran/persiapan untuk menjadi ayam petelor.   

Masa Pemeliharaan

Masa pemeliharaan grower merupakan kelanjutan dari pemeliharaan masa starter. Pada saat ini pemakaian pemanas sudah ditiadakan. Meskipun demikian pernak-pernik pemeliharaan agar didapatkan ayam produktif yang berkualitas tetap dilanjutkan.

Ayam pada periode ini akan terlihat lebih besar dan bulunya pun sudah lengkap dan tebal. Antara jantan dan betina juga sudah dapat dibedakan. Sehingga pemisahan antara jantan dan betina juga dilakukan pada periode ini.

Kandang yang digunakan pada masa grower dapat merupakan kelanjutan dari kandang koloni pada masa starter. Namun jika DOC dipelihara di kandang box maka pada masa ini ayam harus dipindahkan ke kandang koloni yang lebih besar.

Adapun hal-hal yang menyangkut persiapan kandang adl sbb:

Persiapan kandang

Kandang untuk ayam pada periode ini ada 2 macam yaitu:

- Kandang litter

Kandang litter dibuat langsung menempel pada tanah atau plesteran dan di atasnya diberi litter yaitu sekam padi atau serbuk kayu.

- Kandang panggung (slat)

Kandang ini merupakan kandang panggung lantainya terbuat dari bamboo yang bercelah sehingga kotoran dapat langsung jatuh ke tanah.

Kami menggunakan kandang litter. Kandang ini sebelum digunakan dilakukan penyemprotan dengan Virkons. Kemudian ditaburi dengan sekam setebal 5-10 cm dan dilakukan penyemprotan ulang dengan membalik-balik sekam.

Pada masa ini peternak harus memperhatikan kepadatan kandang. Jika kandang terlalu padat, maka ayam akan kanibal antara satu dengan yang lainnya. Untuk idealnya pada masa ini kepadatan kandang adalah 14-15 ekor/m2.

Persiapan peralatan kandang

Peralatan yang digunakan harus disesuaikan dengan pertumbuhan anak ayam. Peralatan pakan dan minum juga harus disesuaikan. Untuk 100 ekor ayam masa grower dibutuhkan 4 tempat pakan @ 5 kg dan 4 tempat minum ukuran 1 galon.

Sebagai criteria bahwa tempat pakan dan minum sudah mencukupi adalah 80% ayam tersebut dapat makan berjejer. Jika tampak berdesak-desakan atau berjejal di tempat pakan atau minum berarti tempat pakan atau minum tersebut belum memadai.

Pengaturan tempat pakan dan minum

Penemapatan tempat pakan dan minum disebar secara merata. Tinggi tempat pakan dan minum adalah setinggi punggung ayam untuk memudahkan jangkauan ayam dan efisiensi pakan.

Pengaturan ventilasi

Pada periode ini terpal sudah dibuka penuh untuk memastikan sirkulasi udara yang baik. Jika sirkulasi udara tidak memadai maka ayam akan mudah sakit karena kelembaban yang tinggi dan kadar ammonia yang tinggi pula. Namun jika hujan dan kemungkinan kandang tampyas oleh air hujan, ada baiknya terpal dipasang sebagian. Demikian juga halnya kalau angin yang masuk sangat besar sehingga ayam akan tampak bergerombol di sudut ruangan.

 

Written By : Sauvani Juwita, dr.  : Year :2010.