Seleksi Ayam

Pemindahan kandang dilakukan jika kandang starter tidak memadai lagi. Saat pemindahan yang baik adalah saat udara tidak terlalu panas yaitu pada pagi hari atau sore hari agar ayam tidak terlalu stress. Proses pemindahan ini juga diikuti oleh proses seleksi. Proses seleksi ini menyangkut 2 hal yaitu:

Seleksi Ayam Jantan

Ayam jantan harus dipisahkan dari ayam betina. Alasan yang utama adalah pemeliharaan ayam jantan harus dibuat semurah mungkin dan secepat mungkin dapat dijual sebagai ayam pedaging. Alasan kedua adalah ayam jantan lebih agresif dibandingkan dengan ayam betina sehingga ayam jantan akan menguasai pakan dan minum lebih besar dibandingkan betina. Untuk kepadatan kandang jantan adalah 8-10 ekor/m2.

Ayam jantan dibesarkan dengan tujuan untuk diambil dagingnya. Untuk itu disarankan agar ayam jantan diberi protein 19-20% pada ransum pakannya dengan energi sekitar 2.900 Kcal den diberi pakan secara tidak terbatas.

Untuk memperoleh keberhasilan dalam memelihara ayam jantan terdapat beberapa tips yang harus diperhatikan yaitu:

- agar tidak terjadi perkelahian, masukkan ayam jantan yang berasal dari kandang yang sama.

- untuk mengurangi kepadatan kandang, ayam jantan perlu diberi tenggeran

- keluarkan ayam yang lemah sehingga tidak kalah bersaing dengan ayam jantan  lainnya.

 

Seleksi Ayam Betina

Ayam betina yang kita besarkan haruslah aym betina yang sehat tanpa cacat dengan pertumbuhan yang baik sehingga diharapkan mempunyai produktivitas yang tinggi. Oleh sebab itu ayam yang tidak memenuhi persyaratan harus diafkir untuk dijadikan ayam pedaging. Ayam betina yang diafkir adalah ayam yang kerdil dan cacat.

 

Written By : Sauvani Juwita, dr.  : Year :2010.