Cara Pemberian Pakan

Masa LAYER :  Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pakan pada ayam layer ini..   

Cara Pemberian Pakan Periode Layer

 

Cara pemberian pakan

Pemberian pakan dilakukan 3 kali dalam sehari agar ketersediaan pakan tetap terjaga. Ayam merupakan ternak yang mudah sekali mengalami stress dan berujung pada jumlah telur yang dihasilkannyapun ikut terpengaruhi. Jika pakan yang diberikan tidak tepat waktu, maka ayam-ayam tersebut akan mengalami periode kehabisan pakan. Hal ini patut dihindari agar ayam tidak gelisah dan berujung pada stress.

Kami sengaja memberikan pakan 3 kali sehari agar ketersediaan pakan ayam tetap terjamin. Di samping itu, karena masing-masing ayam mempunyai kecenderungan intake yang berbeda (ada yang makannya banyak ada yang relatif sedikit) maka setelah 1-2 jam pemberian pakan, pakan yang masih tersedia pada tempat pakan diratakan kembali agar ayam yang masih belum kenyang sedangkan pakan di tempat pakannya sudah habis dapat makan kembali. Dengan demikian, minimal kami mengurangi satu penyebab yang menyebabkan ayam menjadi stress.

Penggantian jenis konsentrat

Konsentrat merupakan pakan yang memegang peranan penting dalam bisnis ayam petelur. Jika harga konsentrat naik tajam sudah barang tentu semua pelaku bisnis ayam petelur akan berteriak bahkan dapat merugi. Oleh karena itu, dipikirkan penggantian konsentrat yang telah dipakai dengan konsentrat lain yang dinilai lebih ekonomis.

Perlu untuk diketahui penggantian konsentrat dapat menyebabkan ayam menjadi stress. Catatan penting yang harus diperhatikan adalah jangan mengganti konsentrat langsung 100%. Jika hal ini dilakukan maka akan terjadi penurunan produksi yang signifikan.

Oleh karena itu perlu diambil langkah sederhana untuk melakukan penggantian konsentrat. Langkah sederhana itu adalah dengan melakukan tapering off konsentrat yang telah dipakai sebelumnya. Sebagai contoh, pada peternakan kami sebelumnya menggunakan produk Global kemudian akan kami ganti dengan produk Sierad. Pada awal penggantian kami menggunakan 10% produk Sierad sebagai campuran.

Kemudian kami amati apakah ada perubahan produksi telur dan bagaimana cara ayam mengkonsumsi pakannya, apakah habis, masih sisa atau malas-malasan untuk makan. Jika keadaan semuanya bagus, kami naikkan lagi menjadi 15% dst hingga semua produk Global diganti dengan produk Sierad.

Namun jika terjadi penurunan produksi telur pertahankan dalam persentase yang sedang dijalankan hingga produksi telur kembali meningkat atau kembali ke normal baru tapering off dilanjutkan kembali. Menurut pengalaman kami, waktu yang dibutuhkan untuk mengganti konsentrat dapat memakan waktu hingga 1 bulan.

 

Written By : Sauvani Juwita, dr.  : Year :2010.