Pemberian Minum

Masa LAYER :  Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pakan pada ayam layer ini..   

Pemberian Minum

 

Air adalah kebutuhan vital bagi makhluk hidup demikian halnya dengan ayam. Oleh karena itu air tidak boleh sampai habis sama sekali dalam tempat minum. Tanda-tanda ayam yang kehausan adalah mulut terbuka dan terlihat terengah-engah. Jika ayam petelur menderita kehausan  maka produksi telur akan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Oleh sebab itu dalam saluran air tempat minum harus “selalu” tersedia air.

Satu hal yang perlu dalam pemberian minum adalah kebersihan dari tempat minum itu sendiri. Minimal dalam sekali dalam sehari tempat minum itu harus dibersihkan sehingga tidak berbau dan sisa-sisa makanan serta lumut dapat dibuang.

Banyak sekali sumber air yang dapat digunakan antara lain adalah air pam, air sungai atau air tanah (sumur). Sumber air yang kami gunakan adalah air tanah yang kami endapkan terlebih dahulu. Jika air tanah tersebut kotor lebih baik diberi sedikit kaporit untuk menghilangkan kuman dan mengendapkan kotoran-kotoran yang ada. Biasanya kami mengendapkan air semalaman untuk memastikan bahwa air yang diberikan telah menjadi jernih.

Menurut pengalaman kami, pernah terjadi kematian ayam yang cukup banyak akibat air minum yang kotor. Hati-hati pada musim kemarau karena biasanya kadar bakteri E. coli dalam air juga akan meningkat. Jika terjadi kematian ayam pada musim kemarau yang tidak diketahui sebabnya, perlu dipikirkan bahwa ayam terjangkit infeksi bakteri tersebut. Untuk memastikannya, air diuji kualitas fisik, kimia dan biologinya ke POM atau ke instalasi swasta yang terkait.

 

Written By : Sauvani Juwita, dr.  : Year :2010.