Pencahayaan

Masa LAYER :  Faktor cahaya rupanya tidak kalah pentingnya dalam memelihara ayam petelur. Jika membicarakan masalah cahaya, kita berbicara tentang panjang gelombang, intensitas dan durasinya. Berikut ulasan singkat mengenai aspek-aspek cahaya tersebut..   

Pencahayaan

 

Panjang gelombang atau warna cahaya

Penelitian menunjukkan ternyata panjang gelombang atau warna cahaya dapat mempengaruhi perilaku, reproduksi dan pertumbuhan ayam. Ayam mengenali adanya cahaya melalui mata (retinal photoreceptors) dan melalui photosensitive cells di otak (extra-retinal photoreceptors). Cahaya dengan gelombang cahaya yang panjang lebih mudah penetrasi memalui kulit dan batok kepala dibandingkan cahaya dengan panjang gelombang yang pendek. Dengan demikian, pertumbuhan dan perilaku ayam berhubungan dengan retinal photoreception (gelombang cahaya  pendek) sedangkan reproduksi berhubungan dengan extra-retinal photoreceptors. Melalui penelitian tersebut didapatkan cahaya berwarna biru membuat ayam menjadi lebih tenang, merah mengurangi kanibalisme dan pencabutan bulu oleh ayam lain, cahaya berwarna hijau-bitu menstimulasi pertumbuhan sedangkan orange-merah menstimulasi reproduksi.
 

lighting_wave

Pada saat ini tersedia beberapa macam lampu yang digunakan dalam bisnis poultry yaitu Incandescent, Fluorescent, Metal Halide dan High-Pressure.

  1. Incandescent bulb lamp. Lampu incandescent bulb merupakan lampu standart yang sering digunakan dalam peternakan.
  2. Fluorescent lamp.Lampu fluororescent memerlukan ballast. Jenis lampu ini terbukti baik untuk digunakan pada peternakan, termasuk caged layers, (Darre, 1986) breeder flocks, growing broilers (Andrews and Zimmerman, 1990; Scheideler, 1990), growing pullets and turkeys. Penelitian oleh Widowski, et al., (1992) mengindikasikan lampu jenis ini lebih baik daripada lampu incandescent bulb untuk digunakan pada Leghorn layers.
  3. High Pressure Sodium (HPS). Lampu ini termasuk dalam jenis CF, sehingga memerlukan ballast pada penggunaannya.Lampu ini terbukti sukses digunakan sebagai fasilitas dalam dunia poultry, terutama pada breeder houses dan  turkey
  4. Metal Halide (MH). Lampu jenis MH memerlukan ballast juga. Karena lampu ini harus dihitung orientasi spesifiknya (vertical atau horizontal) maka lampu ini jarang digunakan pada chicken house,tetapi digunakan pada area warehouse dan egg handling rooms.

 

Intensitas Cahaya

Intensitas cahaya diukur dengan alat photometer dan mempunyai satuan footcandle atau lux. Tetapi untuk mudahnya maka dapat diterangkan disini bahwa penggunaan lampu 25 watt type pijar (polos, bukan warna susu) adalah mencukupi untuk luasan kandang 16 m2. Penempatannya dengan mengatur jarak antar lampu sejauh 4 m dengan ketinggian 2,5 – 3 meter.

 

Written By : Sauvani Juwita, dr.  : Year :2010.