Sanitasi Kandang

Sanitasi :  Pembuangan kotoran, air bekas, makanan sisa, kebersihan lingkungan adalah faktor-faktor penting untuk menjamin kesehatan ayam dalam peternakan.  

Sanitasi Kandang

 

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sanitasi tidak dapat dilupakan begitu saja. Jika kandang kotor dan berbau sudah tentu ayam akan menjadi stress dan berujung pada penurunan produksi telur. Di samping itu kotoran yang menumpuk dan jarang dibersihkan dapat menjadi sarang lalat yang menjadi media penularan thypoid baik pada ayam itu sendiri maupun pada petugas kandang.

Minimal dalam seminggu, kotoran ayam yang berada di bawah kandang baterai harus dibersihkan.Bau amoniak menadi berkurang dan kemungkinan untuk menjadi sarang lalatpun menjadi lebih kecil. Pada mulanya, ayam layer kami diberi probiotik KlineL pada air minumnya yang membuat agar kotoran ayamnya menjadi tidak berbau. probiotik KlineL ini diberikan sekali sehari yang dicampur pada air minumnya.

Produk ini sangat membantu sekali karena membuat kotoran ayam tersebut tidak berbau menyengat seperti sebelumnya. Sedangkan pada kotoran ayamnya kami semprot dengan menggunakan probiotik KlineL yang berfungsi untuk mengguraikan kotoran ayam.

Penyemprotan dengan probiotik KlineL cukup 2 minggu sekali. Kedua produk tersebut sangat membantu dalam mengatasi bau kotoran ayam yang sangat mengganggu.

Sarang laba-laba yang memenuhi langit-langit kandang juga harus dibersihkan. Sarang laba-laba ini sangat mengganggu pemandangan, namun masalah terpentingnya bukan dalam hal mengganggu pemandangan tetapi merupakan tempat debu-debu ikut bersarang dan menghalangi cahaya yang masuk ke kandang.

Pembersihan sarang laba-laba jangan dilakukan pada siang hari karena ayam akan menjadi stress. Ayam-ayam tersebut sangat sensitive terhadap benda asing yang bergerak. Oleh karena itu untuk membersihkan kandang terhadap sarang laba-laba lebih baik dilakukan pada malam hari. Di samping ayam tidak menjadi stress, produksi telurpun tidak ikut terganggu.

 

Written By : Sauvani Juwita, dr.  : Year :2010.