Pencegahan Penyakit

Vaksinasi dimulai sejak DOC menetas yaitu vaksin Marek yang biasanya dilakukan oleh breeder. Vaksinasi pada masa starter antara lain adalah: vaksin ND dan IB, ND Lasota, Cocci, Gumoro, IB dan cacar. Untuk lebih jelasnya program vaksinasi periode starter akan dibahas pada sesi vaksinasi.

Sanitasi kandang sudah dimulai sejak persiapan sebelum DOC datang. Pada saat DOC sudah dipindahkan dari box kemasan ke kandang koloni atau box, tugas berat peternak dimulai. Setiap pagi dan sore hari peternak harus mengganti air minum dan mencuci tempat minum tersebut.

Feeding plate juga harus dibersihkan dari sekam setiap hari untuk menjamin anak ayam mendapatkan pakan yang tepat. Pada awal 1 minggu pertama petugas kandang harus membersihkan selembar demi selembar kertas Koran setiap harinya agar kotoran anak ayam terbuang dan kandang koloni tidak menjadi lembab.

>Satu hal yang sering dilupakan oleh petugas kandang adalah banyaknya sarang laba-laba yang bergantung. Petugas kandang harus rajin untuk membersihkan kandang dari sarang laba-laba karena sarang laba-laba tersebut merupakan sarang debu dan sarang penyakit.

 

Written By : Sauvani Juwita, dr.  : Year :2010.